Selamat Datang di TOKO AZZAM 7

Kamis, Agustus 8

Istiqomah

Bagaimana kabar 1 Syawal 1434H ini saudaraku? Apakah semangat selama Ramadhan selama ini masih tetap membara seperti biasa ketika puasa? atau sebaliknya? Bagaimana tilawahnya? menjaga niatnya? kehati-hatiannya? kesabarannya? 

Subhanallah.... itulah salah satu kenikmatan Ramadhan, yang intinya serba semangat dan serba dekat dengan Allah, Ya Rabb kami benar-2 rindu pada RamadhanMu? Wahai pemilik waktu bisakah kami menikmati indahnya Ramadhan lagi tahun depan?

Jika amalan2 mulai berangsek pergi, maka segera segarkan dengan Janji Allah akan 3 hal yang hanya diberikan kepada orang-2 yang istiqomah. Kebalikan ke-3 hal ini adalah 'hantu' yang cukup mengerikan bagi siapapun. Allah berfirman :

إِنَّالَّذِينَقَالُوارَبُّنَااللَّهُثُمَّاسْتَقَامُواتَتَنَزَّلُعَلَيْهِمُالْمَلَائِكَةُأَلَّاتَخَافُواوَلَاتَحْزَنُوا
وَأَبْشِرُوابِالْجَنَّةِالَّتِيكُنتُمْتُوعَدُونَ


” Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: `Rabb kami ialah Allah` kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): `Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu" (Fushilat : 30)
 
1. Keberanian yang akan mengingkari segala ketakutan kecuali pada Allah Ta'ala. Kehilangan keberanian bearti tak bisa hidup lagi karena ia tak punya kekuatan untuk menghadapi terjalnya hidup dan hirup pikuk masalah hidup. Keberanian adalah modal awal sebuah kekuatan yang dahsyat, lihat saja di Palestina atau Mesir saat ini, dari mana keberian mereka jika bukan karena keistiqomahan mereka selama ini.
 
2. Kebahagiaan yang selalu menghilangkan semua kesedihan. Kesedihan, kerisauan, kegalauan itu karena Allah bukan menjadi tujuan hidup kita. Saat jawaban hidup tak sesuai keinginan, maka la tahzan sesungguhnya ini adalah bentuk cinta Allah untuk kita, tapi jika selain Allah yang kita sandari maka ini adalah kegagalan.
 
3. Surga adalah motivasi terbaik dan sebagai pemicu sikap optimis. Biarlah bersakit-sakit dahulu ketika saatnya surga adalah tepian terbaik untuk bersenang-2. Surga adalah sebaik2 tempat dan itu membutuhkan pengorbanan, jangankan hanya pengorbanan waktu untuk tilawah atau sholat, nyawapun akan digadaikan demi Surga.
 
Keterbatasan selalu ada, namun itu bukan menjadi alasan kita untuk tidak istiqomah, tapi jadikanlah ini sebagai karunia Allah untuk merasakan nikmatnya dzikrullah, taubat dan azzam untuk menjadi lebih baik. Perbaikan adalah sebuah keniscayaan dari sebuah perubahan yang baik, maka jadilah bagian dari arsitek perubahan2 besar untuk kebaikan.
 
Banyuwangi, 1 Syawal 1434H

0 komentar:

Posting Komentar

 
Terimakasih telah berkunjung